Buku Catatan Fadli Idris

Semalam merindukan masa-masa kuliah dimana saya menghabiskan begitu banyak waktu didepan komputer yang hampir membuat saya gila. Saya masih begitu ingat saat suatu ketika saya salah menulis di filing kabinet ruang Senat/BEM yang terbayang dipikiran saya adalah dimana tombol CTRL + Z yang bermakna undo disistem windows bukanya mencari penghapus, saya berhasilunasi sedang mengetik baris-baris program menggunakan bahasa PHP yang kebetulan saat itu saya sedang belajar bahasa pemograman PHP yang terkenal kaya itu karena banyak menggunakan lambang dollar ($) untuk mendefinisikan sesuatu.

Buku catatan kulia menjadi pelepas kerinduan itu, walau sudah tiga tahun lebih tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa karena ditendang keluar dengan gelar A. Md (Ahli Madia/diploma III) alias sudah selesai :p

Dalam buku catatan yang lumayan besar dan tebal itu saya menemukan sebait coretan mengenai pemograman pascal, setelah saya baca saya tertarik dan mencoba mengdownload softwarenya. Saya mencoba mengetik baris demi bari namun membuat saya bosan juga hanya untuk membuat tampilan grafik sederhana ribetnya minta ampun berbeda sekali dengan software sekarang ini yang sudah sangat simpel dan mudah digunakan, mungkin kerana itu juga programer sekarang membuat software sangat-sangat rakus akan space dan memori. Hahahaha, sorry frineds.

Baiklah anak-anak mari kita mulai membaca kembali buku catatan saya yang sudah lama tidak dipegang itu.

Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputerĀ  kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. (Ini menurut wikipedia loe, bukan dari buku catatan saya). Nah, berikut ini baru dari buku catatan saya.

Dalam sebuah sistem Turbo Pascal untuk menjalankan program grafik dibutuhkan file sebagai berikut:

1. Turbo.exe
2. Turbo.tpl
3. grap.tpu
4. *.chr
5. *.bgi

Pada mode grafik sangat ditentukan pada resolusi monitor yang digunakan. Contoh, jenis monitor SVGA memiliki resolusi 1024×768 piexl, lihat gambar.

Bentuk umum program grafik
Program (Judul Program)
uses crt, graph;
var gd, qm: integer;
…..

begin
gd:= detect;
initgraph (gd,qm,”);
pernyataan-pernyataan grafik (sesuia keinginan);
….
….
….
……

closegraph;
end

Contoh untuk membuat program seperti gambar dibawah ini:

Penyelesaian

Program contoh_1;
uses crt. graph;
var qd, qm: integer;

Begin
gd:= detect;
initgraph (gd, qm,”);
rectangle (0,0 get max x, get max y);
circle (get max x, get max y, 20);
readln;
close graph;
end

Contoh lain (lihat gambar)

I Circle ( get max x div 4, get max y div 4,20);
II Circle ( get max x – get max div 4, get max y div 4,20);

Selanjutnya silahkan diselesaikan sendiri samapi kasus IV sebagaimana contoh dari gambar diatas, karena saya mahasiswa malas mencatat terbukti dari hanya memiliki satu buku catatan untuk semua mata kuliah dan digunakan selama 3 tahun dan yang anehnya buku tersebut masih lumayan bagus kondisinya karena memang jarang digunakan ataupun saya yang jarang berada dalam kelas saat kuliah. Hahaha, namun demikian saya sudah menyelesaikan tugas saya dibangku kuliah, bagaimana dengan anda, apa tunggu di sepak keluar secara paksa (DO) atau kampus yang anda paksa untuk menghentikan megutip spp setiap semester (lulus/tamat)?

Ps: Maaf teman kalau hasil pencarian anda tentang Turbo Pasca 7.0 mengarah keartikel ini, namun artikel ini tidak memberikan makna yang berarti dalam mempelajari bahasa pemograman Pascal, saya sendiri sangat tidak suka dengan Pascal dan anda tahu saya hanya mendapatkan nilai C saat kuliah dan itupun nilai bantuan teman-teman alias nyontek saat ujian. hahaha