Rencana strategis (renstra) merupakan sebuah rencana kerja yang disusun dengam sistematis untuk jangka waktu lima tahun atau satu periode kepemimpinan.  Sebuah renstra idealnya disusun berdasarkan data aktual beberapa tahun terakhir sehingga nantinya menghasilkan sebuah renstra yang bisa dipertanggung jawabkan. Dengan renstra berbasis data maka akan bisa menyusun rencana kerja tiap tahunnya dengan  mempertimbangkan skala prioritas.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) saat ini menerapkan sebuah system kependidikan underweb yang diberinama Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan berbasis Web (PadatiWeb) yang memuat cukup banyak data pokok kependidikan. Pedatiweb sendiri disusun berdasarkan Lembar Individu (LI) yang diperoleh dari setiap sekolah.

Dengan data pokok kependidikan ditambah data kependudukan seperti jumlah kepala keluarga dan kepela keluarga miskin maka akan didapatkan indek kemiskinan serta data Anak Usia Sekolah (AUS) yang diperoleh darai Badan Pusat Statistik (BPS).
Data tersebut dengan bantuan tools berupa software sederhana seperti Sistem Informasi Pendukung Perencanaan Pendidikan Kabupaten (SIP3K) yang dibuat oleh Program Desentralisasi Pendidikan Dasar  (DBE-USAID) akan dapat dilihat beberapa indicator pendidikan sebagai berikut;

  1. Angka Partisipasi Kasar (APK)
  2. Angka Mengulang Kelas (AMK)
  3. Angka Putus Sekolah (APtS), dll

Output dari SIP3K sendiri tidak hanya menghasilkan indicator Pendidikan namun juga bisa dilihat rasio guru terhadap siswa dan rasio guru terhadap rombel/kelas, kecukupan guru, kecukupan ruang kelas dan lainya.

Dengan data tersebut maka akan sangat membantu para pemangku kebijakan dalam menyusun renstra itu sendiri yang nantinya akan dituangkan didalam renja. Membangun Pendidikan berbasis data diharapkan akan meningkatkan mutu Pendidikan, karena tanpa data maka kita hanya bisa menyusun program setiap tahun hanya dengan berkhayal. Sebagai contoh, setiap tahun dibangun gedung sekolah baru, padahal yang dibutuhkan bukan itu tapi peningkatan kualitas SDM guru, sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Kita berharap dengan mulai disusunnya renstra kependidikan berdasarkan data, maka dapat meningkatkan mutu kualitas Pendidikan. Semoga.