Fantastis, mungkin itu kata yang tepat saya ucapkan untuk Pemerintah Aceh yang sudah menyediakan layanan konten lokal. Layanan yang ditawarkan ada berbagai macam seperti vidio , foto sharing dan yang paling menarik bagi saya adalah layanan blog hosting gratis. Semua layanan ini tak jauh beda dengan layanan serupa dari penyedia lain, namun ada satu hal yang menjadi perhatian saya. Lokal konten, apakah itu?
Cita-cita pemerintah Aceh untuk mewujudkan cyber province selangkah lebih maju dengan hadirnya layanan ini, hal ini didukung oleh penempatan titik hotspot yang bisa diakses publik secara gratis ke server pemerintah Aceh tapi tidak bisa melakukan koneksi keluar jaringan. Namun untuk pengguna diluar tetap bisa mengakses server pemerintah Aceh. Menarik bukan?

Layanan blog hosting sebenarnya sudah terlebih dulu digagas oleh teman-teman dari komunitas Aceh Blogger dengan domain nanggroe.com, layanan blog hosting dengan branding nanggroe ini mendapatkan dukungan insfrastruktur dari pemerintah Aceh dalam pengadaan server dan teknis. Namun pengelolaan sepenuhnya dikendalikan oleh komunitas Aceh Blogger tanpa intervensi oleh pemerintah Aceh.
Ini hanya langkah awal, kita berharap kedepan titik hotspot tersebut bisa diperbanyak dan menjangkau seluruh Aceh dan tentunya akses keluar juga dibuka. Tugas berat ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun seluruh komponen masyarakat Aceh. Kita sebagai pengguna tentunya agar bisa menggunakan layanan ini dengna bijak. Mari kita dukung langkah pemerintah Aceh mengembangkan konten lokal.