wpJika Anda ingin memiliki situs Anda sendiri Anda dapat menggunakan perangkat lunak blog sebagai sebuah media untuk mengexpresikan diri, beropini, berbagi pengalaman, mencari teman, sharing ilmu pengetahuan bahkan mencari uang. Jika anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemograman web atau setidaknya paham cara menggunakan content management sistem (CMS) dan memiliki uang untuk menyewa server serta domain maka hal itu sangat membantu anda untuk memiliki sebuah blog, tapi jika Anda tidak memiliki kapisatas diatas anda tidak perlu khawatir karena memiliki sebuah blog hanya memerlukan waktu 2 menit dengan menggunakan layanan gratis dari penyedia blog hosting seperti blogspot.com, wordpress.com dan masih banyak lagi layanan serupa.

Membuat blog gratis bukanlah perkarah susah, dengan bekal sebuah akaun email anda bisa memiliki puluhan blog. Yang perlu diingat adalah memiliki sebuah blog merupakan perkara mudah namun mengisinya yang susah. Membaca, menonton vidio, berinteraksi lewat jejaring sosial adalah beberapa hal-hal menarik dari sekian banyak hal yang bisa didapatkan dari internet.

Apa itu Blog?

Jika Anda punya pendapat dan anda ingin orang lain mendengar, ingin menuliskan beberapa pemikiran pribadi, atau hanya sekedar ingin curhat, maka blog adalah media yang tepat untuk bisa menerbitkannya di internet. Anda dapat menulis apa pun yang  inginkan di weblog, dari apa yang dilakukan hari ini, apa yang ada dipikirkan tentang isu-isu tertentu serta link ke situs web favorit.

Sebuah blog adalah buku harian online atau jurnal yang bersifat tidak rahasia dan dapat dibaca oleh siapapun yang memiliki akses ke internet. Disini perlu diingat bahwasanya sekali anda mempublikasikanya di internet maka tidak akan pernah lagi bisa dihapus atau ditarik kembali. Kita tidak tahu siapa saja telah menyimpan, menulis ulang dan cara-cara lainnya apa yang telah ditulis diblog dan yang lebih parah lagi mesin pencari akan tetap menyimpannya di cache (tembolok) mereka setiap blog yang telah diindeknya.

Dunia internet sangat luas dan bebas tanpa bisa kita kontrol, jadi berhati-hatilah dalam mempublikasikan informasi di internet, pikirkan apakah informasi yang diterbitkan layak atau tidak untuk dikosumsi publik. Saran saya jangan publikasikan infomasi yang bersifat pribadi dan rahasia diblog atau medialainya diinternet. Blog bukan buku diary yang bisa kita sembunyikan dari orang lain.

Blogger akan mengupdate blog mereka secara berkala, ada yang setiap hari ada juga mingguan bahkan bulanan atau juga ada yang mengupdatenya setahun sekali. Termasuk dikelompok mana anda? Isi dari blog bisa bermacam-macam dan tanpa batasan, ada juga blogger yang mengfokuskan pada satu topik misalnya kesehatan, politik, pendidikan namun biasanya blog yang menfokuskan pada topik-topik tertentu lebih berorintesi bisnis atau lebih dikenal dengan blogger matre.

Mereka juga merekomendasikan blog lain untuk berbagi minat yang sama, dan menawarkan pengunjung kesempatan untuk merespon melalui e-mail atau fasilitas  komentar yang dimiliki blog, membuat blog sebagai media yang interaktif dimana pengunjung dan pemilik blog bisa saling berinteraksi.

Tak jarang dikolom komentar terjadi silang pendapat antara pemiliki blog dan pengunjung bahkan antara pengunjung dengan pengunjung. Disinilah menariknya sebuah blog, kita bisa berdiskusi dan mendapatkan hal-hal baru.

Mendapatkan sebuah blog

Pilihaan pertama adalah apakah seorang blogger ingin membuat blog diserver sendiri dengan kebebasan yang lebih dalam menatanya atau membuat blog diserver weblog gratis dengan keterbatasan-keterbatasan tertentu. Bagi pemula membuat blog gratis bukan berarti anda dinomorduakan, karena blog tidak dilihat dari gratis atau tidak tapi dari isi blog tersebut. Ok, disini anda sudah harus menentukan pilihan.

Kedua mari kita lihat dua layanan weblog yang sangat populer saat ini yaitu blogger.com dan wordpress.com, Berikut perbedaan antara Blogger dan WordPress :

  • WordPress dapat mengimport postingan yang ada pada Blogger/Blogspot sebaliknya Blogger tidak bisa mengimport postingan yang ada pada WordPress.
  • WordPress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Anda bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly.
  • Blogger menyediakan menu Drag & Drop yang mudah untuk digunakan, sedangkan WordPress sulit Drag and Drop edit element halaman.
  • Blogger mengizinkan penggunanya memasang iklan diblog meraka seperti Google Adsense, di wordpress hal ini adalah hal yang terlarang dan apabila ketahuan maka blog anda akan non aktifkan.
  • WordPress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah dilengkapi dengan plugin anti spam, Sedangkan Blogger dapat dilakukan dengan moderasi order dari  system pengaturan komentar.

Itulah perbedaan-perbedaan dasar dari kedua penyedia layanan blog hosting gratis. Namun masih banyak layanan serupa yang bisa menjadi pilhan anda seperti livejournal.com, posterous.com dan layanan lokal seperti blogdetik.com, dagdigdug.com dan yang bersifat kedaerahan nanggroe.com yang juga menggunakan wordpress multi user sebagai engginenya, Silahkan anda menentukan pilihan atau ingin mencoba semuanya? terserah anda! Untuk tutorial membuat blog di wordpress, anda bisa mengunduh tutorilanya disini yang dipersiapkan oleh kawan-kawan dari Aceh Blogger Community.