IMG_0452

Liza dan Titut, 2 dari sekian banyak blogger perempuan

Salah seorang mahasiswa dari Universitas Wollongong, Australia dalam rangka meyelesaikan thesis S3 nya kini sedang melakukan penelitian tentang penggunaan internet di Indonesia namun lebih terfokus kepada blogger perempuan. Blogger perempuan menurut hemat saya memang banyak, namun mereka lebih banyak menulis tentang kehidupan pribadi mereka, curhat atau menulis puisi-puisi yang romantis, namun bukan tidak banyak juga blogger perempuan yang menulis masalah-masalah sosial kemasyarakatan dan isue-isue kekinian bahkan politik.

Menarik bagi saya mendalami lebih jauh tentang penelitian ini, karena sangat jarang ada penilitian tentang blogger dan secara tidak langsung mencerminkan eksitensi dari blogger yang semakin diakui keberadaannya. Berikut petikan tulisan dari blognya Endah Triastuti tentang peniltian ini.

Saya, Endah Triastuti, mahasiswa S3 di Fakultas Ilmu Budaya (Faculty of Arts) pada Universitas Wollongong (University of Wollongong). Saya mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan kesempatan menambah informasi penting mengenai penggunaan Internet di Indonesia. Sebelum Anda memutuskan untuk turut serta atau tidak dalam penelitian ini, sangat penting untuk mengetahui mengenai penelitian ini lebih jauh: mengapa penelitian ini penting – dan yang lebih penting hak Anda sebagai peserta penelitian.

Dalam penelitian Endah Triastuti melakukan sebuah survey luring (online) di internet, keikut sertaan kawan-kawan blogger akan lebih menginfertasikan bagaimana sebenarnya penggunaan internet di Indonesia, dengan penelitian ini kita juga berharap bisa memberikan gambaran nyata tentang pemanfaatan internet itu sendiri.

Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh tentang survey online ini, karena memang saya bukan pemilik penelitian, tanpa perlu panjanga lebar mari kita lihat apa sih sebenarnya penelitian ini dengan mengunjungi blognya Endah Triastuti. Ayo ikuti survey online, kalau tidak kita siapa lagi.

Note: Ini bukan iklan atau review berbayar :p