gmail_to_yahoo

Gagal Login

Ada banyak hal menarik saat pelatihan blogging yang aku lakukan dengan teman-teman dari Komunitas Aceh Blogger terutama saat pelatihan didaerah-daerah. Karena pemanfaatan telknologi internet didaerah masih menjadi hal baru terlebih bagi para pelajar. Maklum target pelatihan ngeblog biasa kami lakukan untuk anak-anak sekolah.

Konsekwensi yang harus kami terima ya itu tadi, mereka ada yang sama sekali belum mengenal internet bahkan ada yang tidak berani menyentuh komputer, padahal didalam undangan jelas-jelas tertulis syaratnya harus memiliki email yang setidaknya sudah femiliar dengan yang namanya komputer.

Namun para warrior blogging tetap pantang meyerah walau harus pusing tujuh keliling. Perjuangan yang dilakukan  kawan-kawan Aceh Blogger dan blogger lain diseluruh persada nusantara patut kita berikan acungan jempol dalam upaya memberantas gagap teknologi (gaptek) terhadap dunia internet.

Disamping keseriusan dalam pelatihan kami juga sering menemukan lelucon-lelucon dalam pelatihan yang mebuat kami tertawa terpingkal-pingkal, bagaimana tidak, pasti ada saja hal-hal aneh yang terjadi disetiap pelatihan. Namun kami sebagai warrior blogger tidak pernah menertawakan peserta pelatihaan didepan meraka, lelucon-lelucon tersebut kami simpan sebagai ajang pembunuh lelah pada sesi istirahat.

Celakanya, lulucon tersebut tidak saja sampai disitu tapi saban waktu bila ada kopdar lelucon tersebut selalu saja diungkit-ungkit seperti suatu ketika pelatihan blogging dan menulis disuatu daerah ada yang peserta yang sudah beberapa kali login ke akaun email namun tidak berhasil, setelah kami cek ternyata akaun gmail loginya ke yahoo. Hal ini saya sendiri yang mengalaminya sampai saya sempat mengabadikanya.

Ada cerita lain lagi, dimana saking antusiasnya peserta, baru saja siap dejelaskan tentang apa itu blog dan sedikit pengenalan dengan 5 W 1 H (jurnalistik) salah satu peserta sudah nyelutuk bertanya hal yang baru saja disampaikan, sambil mengurut dada kami harus menjelaskan kembali apa yang baru saja disampaikan.

Ada cerita dipelatihan menulis namun ada juga cerita yang juga membuat saya terpingkal-pingjal tertawa yaitu saat pendaftaran blog biar teragregasi di websitenya Aceh Blogger, sebuah email yang masuk dipagi hari memberikan  alamat/URL blognya berupa alamat email namun dengan gagah beraninya sang pengirim menulis “alamat blogspotnya gak mau waktu saya cari.mohon bantuannya karena saya baru bergabung didunia blogger”. Dengan mengurut dada dan dengan jiwa kesatria saya membalas email tersebut dengan memberikan sedikit gambaran tentang apa itu blog, tidak lupa juga saya kirimkan module cara membuat blog yang telah dibuat oleh para warrior blogger Aceh.

Yang saya ceritakan disini bukanlah maksud saya ingin mengejek mereka yang beru belajar, karena saya sadar dulu waktu saya baru mengenal internet juga seperti itu, tujuan saya menulis hanya ingin berbagi. Masalah kami jadikan lelucon itu juga bukan maksud menghina, namun hal-hal seperti itulah yang bisa membuat kami tertawa dikala pelatihan blogging yang menguras banyak tenaga ini dan kami lakukan dengan iklas tanpa dibayar demi kemajuan generasi bangsa kita tercinta ini.

Akhir kata, inilah sedikit lika-liku seorang blogger, semoga tulisan ini bisa menginspirasikan teman-teman blogger semua untuk tetap membagikan ilmunya kepada sesama.