gsSemalam baca-baca blog dalam bahasa Inggris dengan kata-kata banyak tak aku pahami, seperti biasa google menajdi sahabat terbaik di dunia maya saat ini dengan beragam layanannya. Sekian lama sudah menggunakan layanan terjemahan gratis dari si mbah dengan beberapa kali modifikasi, namun kali ini terlihat perubahan sangat signifikan.

Penggunaan java sangat kentara terasa saat text dimasukkan ditext box. Google secara otomatis tanpa perlu menekan tombol terjemah langsung menerjemahkan untuk kita, hal ini tentunya sangat menghemat waktu. Pemberian contoh penggunaan kalimat juga sangat membantu bagi yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya ini. Disamping isi kamusnya juga semakin kaya.

Kalau berbicara masalah grammar (tata bahasa) ini yang saya tak pahami, mungkin perlu ahli linguistic yang menilainya karena saya tidak memiliki kapasitasnya. Tata bahasa memang sangat penting namun bagi penggunaan sehari-hari untuk sekedar memahami sebuah artikel dari bahasa Inggris, Google translate menajdi pilihat yang tepat.

Ada satu hal lagi yang menurut saya luar biasa yaitu penggunaan suara pengucapan lafaz dari hasil terjemahan. Sebuah icon speker bila ditekan maka akan mengeluarkan suara hasil terjemahan. Dengan adanya suara maka semakin mudah kita dalam belajar pengucapan dalam bahasa Inggris tentunya karena lidah orang Indonesia mungkin agak sukar untuk mengucapkan ejaan Inggris.

Sebuah inovasi besar dari raksasa internet dunia, semoga layanan ini akan selamanya gratis. Thank google.com