Wikipedia-logo-aceSemenjak disetujui pada 12 Agustus 2009 oleh Wikimedia foundation, wikipedia bahsa Acèh (bahasa Aceh) kini baru memiliki   227 artikel (per 3 september) itupun artikel-artikel sederhana atau yang lebih dikenal dikalangan wikipediawan dengan artikel rintisan. Wikipediawan merupakan sebutan untuk kontributor wikipedia yang telah sudi menulis dimedia wiki sebagai ensiklopedia bebas secara suka rela.

Wikipedia bahsa Aceh sendiri diajukan pada awal 2008 silam, dan tak berapa lama kemudian halaman wikipedia bahsa Aceh telah dibuat ditabung penetasan (incubator) dengan kode bahasa ace dengan merujuk kepada standard yang ditetapkan oleh International Standards Organization (ISO). Banyak pertanyaan yang dilemparkan oleh teman-teman mengenai standard kode ini. Satandard dari ISO untuk bahasa-bahasa didunia adalah  ISO-639.

Saat ini dengan 227 artikel wikipedia bahsa Aceh termasuk kedalam kelompok wikipedia dengan 100 artikel lebih, hal ini sungguh naif bila dibandingkan dengan jumlah penutur bahsa Aceh mencapai 3 juta orang lebih dan yang menguasi teknologi internet mencapai 8% diantaranya. Untuk itu kami mengajak kawan-kawan semua untuk ikut berkontribusi dalam menambah jumlah artikel.

Menulis di media wiki tidaklah sulit, memang wikipedia menerapkan aturan bakunya namun itu semua bisa dilanggar karena nantinya akan ada kontributor lain yang akan memperbaikinya. Di wikimedia sendiri ada istilah jangan hiraukan aturan, tulis saja.

Dalam proyek wikipedia bahsa Aceh menuju 1000 artikel ini rencananya akan mengangkat beberapa topik, diantaranya:

1. Agama Islam

2. Provinsi di Indonesia

3. Nama-nama Negara

4. Nama-nama pulau

5. Nama-nama Binatang

7. Nama-nama pohon

Namun demikian topik tersebut tidak terbatas, anda bisa menulis topik apa saja. Dalam menulis juga tidak perlu menghiraukan tata letak (template) karena setelah mencapai 1000 artikel baru nantinya akan diperbaiki. Artikel yang ditulis juga tidak perlu panjang-panjang cukup beberapa kalimat saja, misal “Hongaria nakeuh saboh nanggroë nyang na di banuwa Èropah blah timu.” Mudah bukan? Ayo berkontribusi!