ace_wikiBahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi diantaranya yaitu; satu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain atau satu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan, dan masih banyak lagi. Bahsa Acèh (Bahasa Aceh) merupakan bagian dari Keluarga Bahasa Malayo-Polinesia yang umunya digunakan oleh masyarakat pesisir pantai barat dan timur Aceh mulai dari Aceh Barat  sampai Aceh Timur .

Sebagai salah satu bahasa daerah di nusantara bahsa Acèh  mengalami nasib yang sama dimana semakin hari semakin ditinggalkan penggunaannya oleh generasi muda. Pemuda sekarang merasa malu bila berbicara dalam bahsa Acèh apalagi keinginan untuk mempelajarinya sangatlah kurang, namun demikian bukan tidak ada yang peduli. Hal ini bisa dilihat dari beberapa generasi muda Aceh baik yang  bermukim di Aceh atau sedang menuntut ilmu di luar negeri bahkan yang sudah menjadi warga negara lain yang coba mempopulerkan bahsa Acèh terutama secara daring (online) melalui media wikipedia.

Bahsa Acèh (ace ISO 639-2) di wikipedia masih berada dalam incubator (tabung penetasan) yang tentunya membutuhkan perawatan untuk bisa menetas dengan baik. Hal ini pula yang dilakukan oleh kawan-kawan relawan bahsa Acèh (kalau boleh menggunakan istilah relawan) yang telah lama bergabung disana. Untuk bisa keluar dari incubator dan memiliki subdomain sendiri ace.wikipedia.org masih membutuhkan perjuangan dan dukungan dari segenap pemuda Aceh yang bangga akan bahsa Acèh. Hal ini pula yang mendorong saya menuliskan tulisan ini sabagi upaya mengkampanyekan penggunaan bahsa Acèh dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya bahsa Acèh menjadi citra ke Acehan generasi mudanya.

Untuk ikut terlibat dalam project ini tidaklah susah, namun untuk bisa menulis dalam bahsa Acèh ini yang akan menjadi persolan tersendiri dimana bahsa Acèh dalam ejaannya banyak menggunakan abjad dengan tanda-tanda diatas untuk huruf vokal seperti; é, è, dan ô . Jumlah huruf dalam  bahsa Acèh adalah 29 lebih tiga huruf dari huruf latin yaitu é, è, dan ô. Bagaimana cara menulis dalam bahsa Acèh bisa dipelajari lenjut disini dan disini.

Untuk bisa menetas bahsa Acèh memerlukan sedikitnya 10 artikel tiap bulan, saat ini hal ini belum tercapai, masih sangat sedikit pumuda Aceh yang ikut terlibat dalam project ini, untuk dukungan saja masih 21 orang yang memberikanya. Sungguh naif memang dengan jumlah pengguna lebih dari 3 juta orang, namun sampai saat ini bahsa Acèh masih tertatih-tatih untuk bisa keluar dari inkubator wikepedia. Apakah anda seorang pemuda Aceh yang peduli akan nasib bahsa Acèh? buktikan!!!

Dalam hal ini saya tidak ingin mengupas masalah nasionalisme dalam hal penggunaan bahasa Indonesia, kerena nasionalisme seseorang bukan ditentukan oleh bahasa apa yang dugunakan. bahsa Acèh juga merupakan kazanah budaya bangsa ini yang patut dipelajari dan dilestarikan. Silahkan menggunakan bahasa apasaja dalam kehidupan sehari-hari, namun bahsa Acèh jangan dulupakan tentunya sebagai ciri khas ke-Acehan aneuk nanggroe.