Setelah baca blog Mbak Mardiyah Chamim di  Aceh Journey dengan judul “Mobile Version” saya tertarik juga untuk mengimplementasikannya di blog ini. Saya baca sampai habis tulisan yang mungkin di buat Dudi diblog tersebut plus commentnya. Berdasarkan link yang ada saya coba telusuri ke WordPress untuk info lebih lanjutnya.

Setelah baca-baca cara instalasi tanpa buang waktu langsung saja saya unduh plugins WordPress Mobile Edition, dalam waktu singkat file yang di beri nama wordpress-mobile-edition.3.0.4.zip tersebut telah berada di hardisk laptop saya. Saya jalankan software FTP versi bajakan yang telah terinstall sekian lama dilaptop yang notabane masih tercatat sebagai inventaris pemda Aceh, hahah. Untuk upload butuh waktu sedikit lama karena file setelah di unzip sizenya akan lebih gemuk ditambah lagi bandwith upstrim yang kecil.

Hampir 15 menit juga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses transfer file, tapi berjalan dengan lancar. Oh ya, setelah di extrak/unzip file .rar nya akan menghasilkan folder dengan nama wordpress-mobile-edition yang didalamnya terdapat  2 file dan 1 sub folder. File pertama yaitu README.txt sebagai petunjuk dalam bahasa inggris dan file kedua wp-mobile.php sebagai plug in nya, sedangkan didalam sub folder dengan nama carrington-mobile-1.0.1 terdapat sub folder lagi dan file yang jumlahnya sangat banyak, untuk isi sub folder ini anda bisa lihat aja sendiri, tak sanggup rasanya tangan ini untuk mengetiknya. :p

Setelah lihat-lihat isi file yang ada kini saatnya saya jelaskan sedikit kemana saja file dan folder tersebut harus di upload. Untuk file wp-mobile.php wajib diupload ke wp-content/plugins dan folder carrington-mobile-1.0.1 beserta semua isinya wajib diupload ke wp-content/themes, ingat ini wajib diupload ke direktori yang telah disebutkan, kalau tidak maka wordpress mobile version nya tidak akan jalan.

Setalah memastikan semua file ditransfer dengan selamat ke alamat masing-masing sekarang silahkan login sebagai admin (gak tau caranya? tanyak google aja), dan dipanel dashboard arahkan tetikus anda ke Plugins, pilih WordPress Mobile Edition lalu clik Active. Sampai saat ini bila tidak ada aral melintang dengan pesan error dari wordpress enggine anda, maka proses instalasi selesai.

Selesai proses instalasi kita bisa melakukan sedikit setting browser agent mana saja yang akan ditampilkan versi mobilenya. Caranya sangat gampang, clik tab setting pada panel kiri dasahboard wordpress anda, lalu pilih mobile dan anda akan disuguhkan beberapa browser agent yang telah terdaftar secara default, silahkan diotak atik sesuai selera.

Setelah selesai ambil Handphone anda lalu buka menu web (ini tergantung jenis/merek HP anda, bila kurang  jelas silahkan baca manual handbook yang disertakan oleh vendor saat anda beli HP. :p), anda juga bisa menggunakan browser lain seperti Opera Mini, setelah itu coba lihat tampilanya berbeda bukan, terasa lebih ringan karena hanya menampilkan judulnya saja tanpa ada gambar.

Oh ya, hampir saja lupa, WordPress Mobile Edition hanya bisa diinstall pada blog yang menggunakan hosting sendiri seperti blog ini, kalau anda menggunakan sub domain dari wordpress.com makan hal ini mustahil untuk dilakukan. Tapi jangan khawatir kawan saya punya tawaran menarik buat kawan-kawan yang mau memiliki blog dengan domain dan hosting sendiri, cukup dengan Rp. 150.000/tahun kawan-kawan sudah memiliki domain dan hosting (100mb) sendiri. Sebagai bentuk kepedulian saya juga bersedia membantu kawan-kawan untuk menginstalasi wordpress dan WordPress Mobile Edition, Tertarik clik aja disini, Gampang bukan? selamat mencoba kawan.

Anda perlu web hosting murah dan GRATIS install wordpress mobile? buzekhost.com siap membantu anda.

Note:

-. Thanks Dudi atas inspirasinya.

-. Maaf ada iklan dikit diujung tulisan. hehe