ayo-menulis Aceh adalah kisah yang tak pernah selesai. Lapis demi lapis tragedi dan perjuangan kehidupan mewarnai bumi Nanggroe.

Mulai dari pergolakan konflik, gebrakan ombak dahsyat tsunami, derap rekonstruksi, perjuangan masyarakat untuk bangkit kembali menata hidup pasca bencana, juga kerikil tajam yang dihadapi dalam menganyam perdamaian.Alangkah indah bila berbagai kisah pahit-manis ini dituturkan secara aktif dalam beragam perspektif. Dengan berbagi, akan terbuka wawasan untuk saling memahami keragaman.

Dengan berbagi, akan terjadi proses penyembuhan luka batin dan proses belajar menuju Aceh yang lebih baik. Dengan berbagi, wajah Aceh akan tampil secara lebih menyeluruh kepada dunia.

Demi mendorong budaya menulis, memupuk semangat berbagi kisah dan pengalaman, Komunitas Aceh Blogger akan menggelar workshop berjudul “Ayo, Menuliskan Aceh di Internet!”.

Acara ini didukung oleh Ford Foundation, Global Environment Facility – Small Grants Programme Indonesia, Airputih Palapa, Institut Tempo, dan Aceh Information Technology Development. Rincian workshop sebagai berikut :

Hari/Tanggal : Rabu, 22 April 2009

Waktu : 09.30 – selesai

Tempat : Gedung Sultan II Selim, Aceh Community Center (ACC), Banda Aceh

Workshop ini terbagi dalam 2 sesi, menampilkan pembicara :

Sesi I : Mengapa Harus Menulis?

  1. Fauzan Santa, penulis dan pengelola komunitas penulis Dokarim, Banda Aceh
  2. Fakhrurradzie Gade, wartawan Aceh Kita
  3. Mardiyah Chamim, wartawan Tempo dan Direktur Eksekutif Institut Tempo

Sesi II : Blogging dan Jaringan Sosial

  1. Wicaksono, wartawan Tempo, tokoh blogger nasional
  2. Fadli, Komunitas Aceh Blogger

Dalam acara workshop ini juga sekaligus akan diluncurkan blog Journey To Aceh with Mardiyah Chamim (http://acehjourney.net). Blog ini diharapkan menjadi tempat persinggahan, melting pot, siapa pun yang ingin berbagi kisah tentang Aceh. Buku “Sejarah Tumbuh di Kampung Kami” yang dikemas dalam bentuk e-book (versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) bisa diunduh secara gratis dalam blog tersebut.

Selain itu juga diluncurkan situs berbasis wiki http://acehpedia.org. Siapa pun bisa bekontribusi menyumbang tulisan untuk memperkaya informasi tentang Aceh melalui situs ini.

Workshop ini sekaligus juga menjadi awal bagi kompetisi menulis Aceh di dalam ranah blog. Hadiah menarik disediakan bagi para pemenang (kriteria dan persyaratan akan diumumkan pada saat workshop). Terimakasih. Selamat berbagi. Selamat berkarya.

Cara Mendaftar;

Kirimkan SMS ke 0812 69 70 717 atau email ke fadli[AT]acehblogger.org dengan menyebutkan nama, Alamat/Institusi dan no kontak yang dapat dihubungi.

Tempat terbatas loe, Ayo buruan Daftar. GRATIS dan hadiah-hadiah menarik menanti anda.