Setelah sekian lama mati suri tak bernafas alias koma, server nanggroe.com yang baru saja dipindahkan dari Virtual Private Server (VPS) ke dedicate server akhirnya online juga walaupun ada beberapa fitur belum aktif, tapi sekurang-kurangnya sudah bisa diakses untuk saat ini. Untuk layanan free blog service sudah bisa digunakan kembali tanpa ada kendala. 

Bagi kawan-kawan yang ingin mebuat account blog sekarang regitrasinya juga telah dibuka kembali, jadi tunggu apa lagi? sub domain cantik dengan nama anda masih menunggu. terlambat sedikit akan menjadi milik orang lain.

Proses pemindahan server ini tidak berjalan sebagaimana telah direncanakan, yang menyebabkan down nya nanggroe.com untuk beberapa minggu. Hal ini disebakan oleh bug yang ada pada fedora core 8 bawaan server. Setelah melihat perkembangan OS yang tidak stabil maka tim teknis nanggroe.com memutuskan untuk menginstall Centos 5.2 sebagai OS servernya. Proses instalasi berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti, thanks Alie.

Setelah proses instalalsi OS selesai tim teknis kembali dihadapkan penyiapan web servernya mulai dari apache, php, mysql dan pengaturan dns nya. Pada proses ini tim teknis sedikit mendapatkan masalah pada saat proses instalasi BIND dns nya yang disebabkan oleh versi yang berbeda. Tapi berkat ketekunan dan semangat pantang meyerah dari seorang yang bernama Ridha akhirnya Bind yang sedikit bandel menyerah juga pada sang admin nya. Thanks Ridha.

Server sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengembalikan data yang telah dibackup ke habitat asalanya, dalam proses ini saya yang bertugas melakukan backup ternyata tidak melakukan efisiensi waktu dan bandwith internet dengan kesalahan tidak melakukan compresing saat melakukan backup, ini semua disebabkan oleh pengetahuan saya yang kurang. Proses restore data akhirya memakan waktu yang lama, tapi semua itu berjalan dengan lancar.

Proses restore data telah selesai, sekarang menuju langkah selanjut nya yaitu restore database, disini kembali mengalami kendala teknis pada server mysql nya, tapi itu semua bisa dekendalikan oleh Ridha. Sekali lagi ketabahan dan keuletan seorang Muhammad Ridha diuji, Thanks…thanks… thanks and thanks Ridha.

Data sudah oke database juga oke, sekarang lagi-lagi ridha harus berjibaku dengan server yang bandwithnya kecil sehingga prose romote server berjalan lambat alias delay untuk melakukan configurasi ulang enggine blognya. Setelah peluh keringat bercucuran dengan hati yang iklas demi kemajuan nanggroe geutanyo, akhirmya kami persembahkan sebuah layanan blog gratis dengan main domain nanggroe.com untuk kemajuan nanggroe Aceh tercinta. Sekarang menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga agara nanggroe.com tetap eksis dan bisa memberikan kontribusi langsung untuk aneuk nanggroe.