Tahun baru sudah didepan mata, kalau memang kita tidak bisa mengganti apa-apa dengan yang baru di tahun baru ini, tapi ada satu hal yang harus atau lebih tepatnya wajib di ganti yaitu kalender atau dalam bahasa dulu kala disebut almanak. Kalau gak puas dengan kalender yang telah ada atau ingin coba belajar buat kalender sendiri , baca aja sampi tuntas artikel ini, kalau belum puas bisa tanyak-tanyak di milis Aceh Blogge, Atau memang ada rencana gak ganti kalendernya? ha….ha. Ok let’s begin…

Pertama-tama dikomputer anda harus telah terinstall CorelDRAW X3 atau CorelDRAW X4 kalau tidak mau buat pakek apa coba ( kalau emang jago silahkan aja pakek notepad, ha…ha), susuai dengan judul bro. Selanjutnya jalankan CorelDRAW X3/X4 nya, buat lah project baru dengan mengklik CTRL+N. Nah setelah ini baru masuk kelangkah inti pembuatan kelendernya. Ikuti langkah-langkanya berikut ini, ingat jangan sampai terlewatkan satu langkahpun, kalau salah langkah nanti kesasar, tanggung sendiri ya.. he…he.

Click Tools —> Macros —-> Run Macro…  

atau bisa dilakukan dengan langkah 

ALT + o —> CTRL + M —-> CTRL + u

Selanjutnya kita akan dihadiahkan sebuh dialog box oleh corel, pada dialog box tersebut pilih pada Macros in: atau tekan aja CTRL + a, terus pilih CalenderWizard(CalenderWizard.gms) lalu click Run atau ALT + R.

 

Langkah selanjutnya kembali corel menghadiahkan anda sebuah dialogbox yaitu:

Pilik tahun dengan mengklik pada year, jangan salah pilih ntar kalendernya salah. 

Untuk mebuat hari dan bulan dalam versi bahasa indonesia, untuk pertama kali kita harus membuatnya secara meanual kerana corel tidak menyediakan versi kalender indonesia. Caranya sangat gampang, anda tinggal clik Pada Langguage lalu pilih New, kita akan di suguhkan kembali sebuah dialogbox oleh corel, tidak usah panik isi aja semua filenya dengan lengkap lalu clik close.

Masih pada box langguage pilih Holiday untuk memasukkan hari libur nasional satu persatu, untuk daftar hari libur nasional bisa didapatkan di website indonesia.go.id, atau mau memasukkan daftar hari libur pribadi atau daftar ulang tahun pacar atau daftar ulang tahun teman atau apa saja terserah, namanya juga kalender pribadi :p, setelah selesai pilih close.

Selanjutnya kita masuk ke tahap memilih bentuk kalender, langkah ini bisa dilakukan dengan mengkil pada Layout, lalu pilihlah sesuai selera anda, gak mungkin pilih susui selera saya dong :p. Setelah bentuk layout ditentukan masihbanyak pilihan yang bisa diatur, silahkan saja dicoba-coba sendiri, masak saya harus nulis semuanya, capek dong…….

Nah kalau memang layoutnya dah mantap dan pilihan fontnya juga dah oke tinggal click generate, lalu Close…., nah saat ini tinggal anda menset bagaimana caranya kalendernya tampak indah dilihat mata dengan mamasukkan photo-photo yang sedap dipandang mata menurut anda. Selamat berkreasi, semoga bermanfaat.

Nah coba lihat hasilnya, menarik bukan?

Daftar Pustaka:

Corel.com

Indonesia.go.id

Images Courtesy Nantional Geographic