Photo Bareng Peserta sesi terakhir Blogger goes to School. Yang jongkong paling depan Fauzan Yusuf sang Sekretaris Panitia. Photo Taken by Muda Bentara

Alhamdulillah setelah persiapan selama 3 minggu lebih kegiatan dalam rangka Ulang Tahun Pertama Aceh Blogger Community (ABC) terlaksana dengan sukses pada 15 dan 16 November 2008 yang bertempat di Lab Komputer Kandatel Telkom Aceh. Acara ini yang seyogyanya direncanakan pada 1 November 2008 tapi diundur sampai 2 minggu lamanya yang disebabkan oleh beberapa hal teknis.

Dalam pelaksanaan sendirinya peserta dibagi dalam 3 kelas dimana tiap-tiap kelas diikuti oleh 25 peserta dengan total jumlah peserta 75 orang dari 25 sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar. Durasi pembelajaran selama 2,5 jam untuk membuat sebuah blog yang direncanakan, pada pelaksanaanya dirasakan kurang yang disebakan oleh antusiasme peserta yang menginginkan materi lebih dalam mempercantik desain blog nya.

Keterbatasan waktu ini pula membuat kami dari panitia menginginkan adanya pelatihan lanjutan bagi peserta kedepan yang nantinya bukan hanya memberikan materi tentang pembuatan blog tapi lebih focus kepada kiat-kiat bagaimana menulis diblog dan pemanfaatan teknologi internet kearah yang lebih positif guna memajukan pendidikan Aceh.

Pendanaan acara ini sendiri berasal dari sumbangan anggota Aceh Blogger Community dan turut disponsosri oleh Telkom Speedy dan didukung oleh KPLI Aceh, Nanggroe.com dan Harian Aceh sebagai media patner.

Kesuksesan acara ini juga tidak terlapas dari dukungan koneksi internet dari Telkom Speedy yang begitu kencang yaitu 1 Mbps, computer dan ruangan yang sangat nyaman. Tapi semua hal ini tentunya juga tidak akan sukses sebuah acara apabila panitia nya tidak solid, saya selaku orang yang dipercaya sebagai ketua panitia dalam tulisan ini ingin mengucakapkan terima kasih buat semua kawan-kawan panitia baik dari ABC, KPLI Aceh dan Telkom Speedy yang telah bekerja tanpa pamrih dalam menyukseskan “Blogger goes to School (Educations for Tomorrow)” dan juga kepada rekan-rekan media yang telah sedia meliput kegiatan ini.

Suksesnya kegiatan ini kita berharap kepada para peserta bisa membagi ilmunya kepada kawan-kawan sekolah dan lingkungan nya tentang tata cara mebuat blog dengan harapan nantinya pemamnfaatan teknologi internet akan berdampak postif bagi kemajuan Aceh pada umumnya dan khususnya kemajuan pendidikan di Aceh, Salam Blogger.