ANDAKAH PEREMPUAN PERDAMAIAN?

Jika Anda atau teman Anda merasa telah melakukan kegiatan yang terkait dengan pembangunan perdamaian di Aceh, maka daftarkan diri, teman, atau kenalan Anda, yang dianggap layak dikategorikan sebagai Perempuan Perdamaian, untuk menerima Aceh Peace Award 2008 yang akan diberikan oleh Aceh Peace Resource Center (APRC)-BRA.

APRC adalah lembaga independen yang membantu implementasi tugas-tugas Badan Reintegrasi–Damai Aceh (BRA), bermaksud memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada mereka yang secara nyata dan berkelanjutan aktif melakukan kerja-kerja pembangunan damai di Aceh, serta memberikan perhatian yang signfikan terhadap pemajuan partisipasi dan peningkatan kesejahteraan perempuan.

Formulir dapat diperoleh dan dikembalikan ke Kantor APRC-BRA, Kompleks Taman Sri Ratu Safiatuddin No. 1, Lampriek – Banda Aceh. Khusus untuk luar Banda Aceh, formulir dapat diperoleh di Kantor-kantor BRA setempat dan dikembalikan ke Kantor APRC-BRA sesuai alamat di atas. Pendaftaran dapat juga diakses dengan menghubungi Hotline Aceh Peace Award 2008 di (0651) 755 1604 dan PATIMADORA di (0651) 48973, atau melalui www.bra-aceh.org.

Batas pengembalian formulir paling lambat tanggal 31 September 2008 cap pos.

Penghargaan Bagi Perempuan Perdamaian (Peacemaker) Aceh, dibagi atas 3 (tiga) kategori, yakni :

  • Perempuan yang bekerja untuk mencegah konflik dan menghentikan permusuhan (bersifat preventif)
  • Perempuan yang bekerja untuk mempromosikan perdamaian melalui kegiatan pendidikan,pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan (bersifat promotif)
  • Perempuan yang bekerja untuk kegiatan rehabilitasi para korban konflik.

Nominator adalah para individu perempuan yang secara konsisten memperjuangkan dan menjaga serta memajukan perdamaian di Aceh dalam rentang waktu 3 (tiga) dasawarsa terakhir (1978-2008), baik yang bersifat promotif, rehabilitatif, maupun yang bersifat preventif (mencegah perang atau konflik berlanjut). Nominator dapat berdomisili di Aceh, maupun di luar Aceh.

Peserta akan diseleksi dalam beberapa tahapan oleh dewan juri independen yang memiliki kapabilitas dan berpengalaman di bidangnya. Aceh Peace Award 2008 akan diberikan kepada 3 (tiga) nominator unggulan dari tiga kategori, pada peringatan Hari Ibu, tanggal 22 Desember 2008.

Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Aceh Peace Resource Center (APRC) – BRA, didukung Yayasan PATIMADORA, LINA , USAID, dan Serasi Project-IRD.