Sudah lama juga tidak ikut belajar didalam kelas kecuali training selama 1 tahun lebih semenjak aku lulus dari AMIKI Banda Aceh pada pertengahan 2007 lalu. Kebiasaan belajar yang begitu bersemangat dulu kini sudah mulai pudar yang disebabkan oleh aktifitas kerja yang begitu padat sehingga serasa tak sempat untuk membuka buku-buku yang perlu dipelajari apalagi mendengarkan ceramah dosen dikelas yang kadang-kadang sungguh mebosankan.

Tapi semua itu semenjak 1 November 2008 aku harus menjalani nya kembali, sebab aku telah berstatus mahasiswa kembali pada Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh dengan jurusan Teknik Informatika.

Hari pertama kuliah terasa kaku dengan teman-teman kelas yang hanya sedikit aku kenal ditambah lagi pengaruh kelas exstensi yang notabane nya diikuti oleh kaum pekerja dengan umur tentunya sudah berkepala 3, tapi masih ada juga mahasiswa-mahasiswa muda pindahan dari kampus lain seperti LP3i dan MIPA Unsyiah.

Perkuliahan dimulai jam 8.00 dengan mata kuliah Rekayasa Perankat Lunak di ruang G.1.1 sesuai dengan jadwal kuliah yang dikeluarkan pihak kampus, tapi sayang setelah ditunggu 1 jam lebih dosen nya tidak juga nongol dan akhirnya kami dapatkan informasi kalau pak dos nya berhalangan hadir, wah kelas pertama ku gagal total.

Setelah 1 jam lebih duduk di ruang kelas kami semua beranjak ke kantin untuk menunggu jam perkuliahan berikutnya pada pukul 11.50, sambil menunggu saya sempat membuka lapto dan online menggunakan koneksi dari telkomsel flash yang biasa saya gunakan dan sempat pulat melakukan update blog ini denga judu Aceh Bloggers Day. Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 12 sampai-sampai saya lupa akan waktu kalau sudah online, begutu lihat jam langsung mematikan laptop dan meninggalkan kantin menuju kelas di ruang G.1.2. Sesampai di kelas perkuliahan tenyata sudah dimulai susui dengan jadwal, jadinya saya te;at beberapa menit tapi tidak apalah yang perkuliahan nya tetap jalan.

Saat perkulihaan sedang berlansung tentunya ada hal-hal yang perlu kita catat, saya telah menyiapkan sebuah buku dan dua buah polpen didalam tas yang saya beli pada saat saya baru sampai dikampus. Tapi apalah daya polpen yang baru saja dibeli keduanya ternyata tak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, setiap saya mau menulis polpen nya selalu saja macet. Akhirnya saya minta ijin untuk membeli 1 polpen baru lagi. Nasib..oh nasih…

Jam menunjukkan 13.30 perkuliahan dengan mata kuliah Manajemen Teknologi Informasi pun berakhir, kami semua meninggalkan ruang dan pulan ke rumah masing-masing untuk makan siang dan istirahat sejenak. Saya sudah merencanakan sebelumya setelah selesai kuliah akan menghadiri acara kenduri hakiqah dirumah teman kerja dengan teman-teman kain yang sudah menunggu saya selesai kuliah.

Setelah makan di tempat acara hakiqah saya sempat ngobrol panjang lebar dengan teman-teman sampai saya kembali lupa waktu yang mebuat saya kembali terlambat mengikuti perkuliahaan yang berlansung dari jam 14.30 sampai 16.10 dengan mata kuliah Matematika Diskrit. Mata kuliah ini yang mebuat saya pusing tujuh keliling kerana materi yang diajarkan membutuh pemekirian dan logika yang tinggi. Dalam perkuliahan saya sempat menanyakan beberapa pertanyaan kepada dosen tentang hal-hal yang tidak saya pahami. Walaupun berat jam 16.10 akhir nya sampai juga dan perkuliahan pun berakhir, kami semua meninggalkan kampus dengan ucapan sampai jumpa besok.