Setalah cek sana sini akhirnya dapat juga jawaban nya kenapa agregrasinya Aceh Blogger (ABC) tidak mau update lagi. Sudah lumayan kawan-kawan yang complain ke saya kenapa blog nya sudah diupdate tetapi masih saja tidak mau teragregrasi/tampil di ABC. Saya sempat bingung sendiri dengan kejadian ini pasalnya malam harinya saya sempat menambahkan beberap URL blog di ABC dan setelah itu ABC tidak ada perubahan apa-apa di halaman depan nya alias tak terupdate.

Beberapa langkah teknis saya lakukan dengan melakukan update secara manual rss nya tetapi hasilnya nihil akhirnya saya menyerah pada kantuk saya. Sebelum tidur saya sempat merencanakan untuk memeperbaikinya keesokan paginya. Tapi apalah daya pagi hari ternyata aktifitas pekerjaan dikantor lumayang padat ditambah lagi saya harus berdelegasi ke Plasa Telkom untuk persiapan acara pelatihan blog.

Sore hari saya sudah membuat janji dengan ALI untuk ke BPDE guna mempersiapkan server yang diperuntukkan bagi nanggroe.com sebagai penyedia blog hosting gratis lokal Aceh, lagi-lagi saya belum sempat menyentuh yang namanya http://www.acehblogger.org. sampai sore hari. Setelah diskusi di BPDE saya sempatkan diri sebentar untuk rehat sambil kopdar dengan kawan-kawan KPLI sekaligus anggota dai ABC di warung kopi dekmi SMEA. Setelah selesai kopdar saya lagi-lagi harus menyelesaikan pekerjaan kantor walau sudah out of office (ntah benar tulisannya, he…he).

Begitu lelah nya saya dengan aktifitas hari ini membuat saya lupa tentang permasalahan ABC, untung saja Aulia mengintakan saya tetang hal teresebut. Akhirnya setelah diskusi singkat di YM tercinta kami sepakati Aulia untuk cek setting WP dan saya cek permasalah hosting (server) nya. Setelah saya login ke Cpanel saya lansung tertuju ke Quota servernya, alamak……. tenyata sudah menampilkan warna merah yang berarti sudah over load. Saya lanjutkan diskusi dengan Aulia tentang file apa saja kira-kira yang bisa dihapus sementara lalu saya teringat dengan enggine ABC dulu yang tidak dipakai lagi tapi masih ada filenya diserver. Akhirnya kami putuskan untuk mengbackup nya ke komputer saya dan menghapus file yang ada diserver.

Satu permasalahan selesai tapi ABC juga tak kelihatan berubah tampilannya, Mati deh kalau gini jadinya, saya jadi bingung sendiri ada apa ini. Ternyata setelah di cek lagi dengan teliti oleh Aulia ABC telah terupdate hanya saja tertimpa dengan beberap postingan lama, mungkin hal ini dipengaruhi oleh sistem yang error karena sempat macet.

Akhirnya halaman depan ABC kembali terupdate, dan sayapun merasa senang dan lansung menulis blog ini. he..he curhat dikit.