Memiliki sebuah situs yang terkenal dan ramai dikunjungi orang adalah impian semua orang. Banyak kisah sukses dari situs-situs terkenal mengenai bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini. Katakan saja misalnya seperti Google. Mereka benar-benar memulai segalanya dari nol dan hanya dengan perjuangan yang gigih saja akhirnya saat ini mereka bisa menjadi situs pencari nomer satu di dunia.

Contoh lain di dunia komputer misalnya seperti situs DevArticles.com, Builder.com dari CNET atau TechRepublic misalnya. Semua itu merupakan contoh situs-situs berbasis content yang sukses meraup pengunjung yang haus ilmu pengetahuan dan secara otomatis juga berhasil meraup keuntungan dari jasa pemasangan iklan online di situs-situs tersebut.

Maukah situs Anda seperti situs-situs tersebut?Kali ini penulis ingin mengajak Anda untuk secara lebih dalam melihat proses kreatif dari pembuatan situs web, khususnya bagi situs-situs yang berbasis content. Apa sih maksudnya situs yang berbasis content itu? Maksudnya adalah situs Anda merupakan situs yang isinya menitik beratkan pada content yang selalu ter-update secara berkala atau teratur. Digarap secara serius dan punya komitmen untuk mengembangkan segala macam isi maupun fitur-fiturnya. Contoh situs-situs berbasis content itu seperti Google, detikcom, Yahoo!, Builder.com, DevArticles.com, Kompas, MSDN, Friendster, Orkut dan lain sebagainya. OK, sekarang kita mulai proses kreatif kita ini.

Memikirkan konsep
Konsep dari situs Anda haruslah sudah ditentukan jauh-jauh hari. Apa maksudnya? Konsep disini merupakan bagian yang sangat penting dari situs Anda karena merupakan warna, bentuk dan juga nyawa situs Anda. Penjabaranya bisa dimulai dari misi situs Anda. Apa misinya? Apa tujuannya? Sebagai contoh misalnya misi Anda akan membuat situs yang berisi berbagai macam resep masakan daerah di Indonesia. Misi harus jelas dan tajam. Kemudian Anda juga harus menentukan target pengunjung situs Anda. Apakah anak muda, ibu-ibu, kalangan bisnis atau bahkan kalangan pendidikan. Target pengunjung disini penting untuk memudahkan Anda membuat content yang sesuai dengan situs Anda. Target pengunjung disini juga penting manakala Anda akan membuat penawaran pemasangan iklan pada situs Anda.

Pada tahap ini Anda juga harus memikirkan bentuk interface dari situs Anda. Disini maksudnya adalah layout dari situs seharusnya sudah bisa ditentukan seperti apa maunya. Untuk kepentingan ini Anda bisa melakukan berbagai macam riset dan perbandingan di internet. Kunjungi situs-situs yang kira-kira sejenis dengan Anda dan pelajari layout dan semua elemen-elemennya. Pastikan ide situs Anda bisa klop dengan layout situs dan perhatikan juga faktor skalabilitasnya, dimana Anda tidak perlu merombak total layout dari situs Anda apabila ada ide baru yang ingin dimasukkan. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuat layout web seperti pihak-pihak yang membuat template web untuk menuangkan ide-ide situs Anda.

Bersamaan dengan itu pikirkan juga semua fitur-fitur yang ingin Anda masukkan ke dalam situs Anda. Fitur disini misalnya seperti fitur pencarian, polling, web forum, pengisian komentar oleh pengunjung dan lain sebagainya. Banyak kasus dimana saat ini situs-situs terkesan membosankan karena adanya fitur-fitur yang sangat dipaksakan. Sebagai contoh, banyak situs-situs saat ini yang masih menggunakan konsep-konsep lama, seperti menggunakan polling, web forum, guest book, free e-mail dan lain sebagainya. Para pembuat situs terkadang ingin memasukkan semua fitur-fitur tersebut ke dalam situsnya tanpa memperhatikan perilaku dan sifat dari pengunjungnya. Saran penulis adalah gunakan fitur-fitur yang memang dibutuhkan oleh pengunjung dan optimalkan fitur tersebut agar bisa berguna bagi situs maupun bagi pengunjung situs. Sebagai contoh, penulis sangat prihatin karena banyak sekali situs di Indonesia yang tidak memiliki fasilitas pencarian yang memadai. Contohnya situs berita yang padat content tetapi beritanya tidak bisa dicari dengan optimal. Ini tentunya sangat memprihatinkan dimana fasilitas pencarian merupakan fitur kunci dari situs-situs yang berbasis content.

Fitur menarik lainnya yang merupakan salah satu andalan situs berbasis content saat ini adalah RSS (Really Simple Syndication) yang memungkinkan untuk berbagi content sesama situs lainnya. Fitur-fitur semacam inilah yang harusnya digali dan bisa menjadi nilai tambah bagi situs tersebut. Yang terjadi saat ini justru sebaliknya, situs menawarkan fitur web forum yang tidak terurus sehingga akhirnya sepi pengunjung. Ada lagi situs yang menawarkan jasa mailing list, tetapi juga tidak terurus. Contoh-contoh yang sudah disebutkan itu menyebabkan situs Anda tidak kompetitif dengan situs lain yang sejenis. Bukankah jika situs Anda mau sukses maka harus ada perbedaannya?

Jika semua hal-hal di atas sudah Anda siapkan semua, maka saatnya kita akan masuk pada fase berikutnya yaitu fase implementasi atau pembuatan situs Anda.

Saatnya implementasi
Jika pada bagian sebelumnya kita lebih banyak berbicara situs dari sisi strategis dan perencanaannya. Di sini kita akan banyak berbicara masalah teknis dalam kaitannya dengan implementasi dari situs Anda. Kita akan mulai dengan pemilihan nama domain dan hosting yang tepat bagi situs Anda.

Domain bisa Anda beli dengan mudah saat ini. Yang sulit adalah menentukan nama domain yang pas bagi situs Anda. Sebenarnya tidak ada panduan baku dalam memilih nama domain internet. Tapi ingat, domain adalah brand situs Anda, jadi hati-hatilah dalam memilihnya. Gunakan top level domain seperti .com, .net atau .org sebisa mungkin. Ada juga top level domain yang lain seperti .biz, .info dan lain sebagainya, namun hal tersebut belum begitu populer dan masih banyak sifatnya sebagai secondary domain bagi suatu situs.

Masalah memilih hosting juga penting disini. Pilihlah yang mendukung semua fitur-fitur yang sudah Anda rencanakan di atas. Saat ini ada pilihan hosting mulai yang berbasis Linux, Unix, BSD, Windows dan sistem operasi lainnya. Masing-masing sistem operasi tersebut menawarkan berbagai macam aplikasi server di atasnya misalnya web server Apache, MS IIS dan juga sistem database yang beragam misalnya MySQL, PostgreSQL, SQL Server dan yang lainnya. Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga dengan kemampuan dana Anda. Jangan lupa juga tanyakan mengenai service level yang ditawarkan. Jangan sampai Anda kecewa karena performance hosting situs Anda kurang baik.

Sejalan dengan hal-hal di atas maka proses web programming dari situs Anda sudah bisa dilakukan. Ada banyak pilihan untuk web programming seperti dengan ASP, PHP, JSP, Java, Perl, Phython dan yang lainnya. Kerjakan semua fitur dengan baik dan ujilah dengan seksama. Banyak kasus memprihatinkan bahwa situs sudah dilaunching dan ada fitur-fitur yang apabila dipanggil mengeluarkan pesan “under construction” atau semacamnya. Ini tentunya sangat tidak baik dan akan membuat pengunjung situs Anda tidak akan mau kembali lagi di masa yang akan datang. Jika semua fitur-fitur situs sudah direncanakan dengan baik dan layout sudah selesai maka proses web programming tidak akan makan waktu yang lama. Waktu akan bisa digunakan lebih banyak nantinya untuk melakukan uji coba dan juga penyesuaian di sana sini. Proses web programming pada situs berbasis content biasanya dibagi menjadi dua bagian besar yaitu programming aplikasi di sisi front-end (yaitu bagian yang tampak oleh pengunjung) dan juga di sisi back-end (yaitu disebut dengan bagian CMS, dimana hanya bisa digunakan oleh web maintainer, content editor dan juga web master untuk melakukan update terhadap content situsnya). CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Melalui CMS, semua isi dari situs bisa dikendalikan dan dipelihara.

Jika semua aplikasi terhadap fitur-fitur situs Anda sudah jadi dan semuanya sudah diuji coba dengan seksama, maka bisa dikatakan situs Anda siap untuk diluncurkan ke publik. Sekarang saatnya memelihara dan mengembangkan situs Anda.

Memelihara dan mengembangkan situs
Memelihara dan mengembangkan situs sebenarnya merupakan aktivitas yang gampang-gampang susah. Anda harus punya komitmen untuk selalu mengisi content pada situs Anda dan juga meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda. Jangan abaikan setiap feedback yang masuk ke situs Anda. Sering kali penulis jumpai beberapa situs di Indonesia yang memberikan respon yang sangat lama apabila kita mengirimkan feedback baik melalui form yang disediakan pada situs atau melalui alamat e-mail yang disediakan. Jika ada pengunjung situs yang melontarkan keluhan maka perhatikan hal tersebut. Segera perbaiki kekurangan-kekurangan pada situs Anda jika hal tersebut dilaporkan oleh pengunjung situs Anda.

Agar situs Anda lebih dikenal oleh orang lain maka gunakan berbagai macam cara online marketing yang ada. Anda bisa manfaatkan jasa mailing list yang relevan dengan situs Anda untuk mempromosikan situs Anda secara elegan dan tidak terkesan seperti melakukan spam. Daftarkan situs Anda ke search engine. Ini sangat mudah dilakukan dan gratis. Anda bisa masukan situs Anda di Google dan Yahoo!. Mereka menerima pendaftaran situs secara gratis dan umumnya sekali situs Anda masuk di Google atau Yahoo! maka otomatis pula akan muncul di search engine yang lain.

Mempromosikan situs Anda melalui media chatting juga terkadang sangat efektif. Anda bisa manfaatkan media chatting seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, Skype, ICQ, IRC dan lain sebagainya. Bekerjasama bertukar banner dengan situs lain juga merupakan ide bagus untuk promosi. Saat ini banyak orang yang memiliki blog dan Anda bisa melakukan tukar banner antara situs Anda dengan blog-blog yang memiliki topik-topik yang sejenis dengan situs Anda.

Anda sebagai pemilik situs harus selalu memantau perkembangan situs melalui statistik yang disediakan oleh jasa hosting yang Anda gunakan. Ini penting untuk menentukan arah dan content situs Anda selanjutnya. Anda bisa mempelajari perilaku pengunjung situs Anda dari statistik ini dan juga bisa memantau apa yang mereka cari dan apa yang mereka inginkan dari situs Anda.

Jika semua hal tersebut di atas sudah Anda lakukan maka setidaknya situs Anda sudah mulai dikenal dan apabila Anda konsisten melakukan update terhadap situs Anda maka bukan tidak mungkin situs Anda akan semakin ramai dan berkembang pesat. Pada kondisi seperti saat itu maka segala peluang bisnis akan bermunculan dengan sendirinya. Banyak kisah situs-situs yang berkembang pesat akhirnya dibeli oleh perusahaan lain yang lebih besar dengan harga yang tinggi. Para kandidat pemasang iklan mungkin berebut ingin memasang iklan di situs Anda dan juga berbagai jenis bentuk kerjasama bisnis lainnya bisa muncul kemudian. Menarik bukan?

Demikianlah sekelumit pemikiran mengenai strategi membangun website atau situs di internet yang sukses. Ingatlah bahwa kuncinya hanya ada pada konsistensi dalam memelihara situs dan juga komitmen untuk mengembangkan situs Anda. Bagian tersulit dalam proses web development adalah memenangkan persaingan dengan situs-situs sejenis lainnya di internet. Jika ada komentar atau saran bisa dilayangkan ke sony-ak@sony-ak.com. Untuk membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke situs Sony AK Knowledge Center dengan alamat di www.sony-ak.com.

Terimakasih.

copy paste from www.sony-ak.com.